Syarat Pengemasan yang Baik

SYARAT PENGEMASAN YANG BAIK


PABRIK KEMASAN UKM | Pengemasan merupakan salah satu cara memperlakukan produk dari berbagai kontaminasi. Produk yang dikemas diharapkan mampu di distribusikan dalam kondisi baik dari produsen hingga sampai pada tangan konsumen. Untuk itu pengemasan menjadi unsur penting guna menjaga kualitas maupun kuantitas suatu produk.

Kali ini kang admin mau sedikit berbicara tentang syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk pengemasan yang baik dan sesuai standar kemasan. Yuk, kita simak bersama ulasannya...

Ilustrasi Gambar Pengemasan yang Baik


Berikut ini syarat-syarat pengemasan yang baik:


Sebagai wadah

Syarat utama yang sudah tidak bisa dibantah lagi adalah sebagai wadah atau pembungkus. Seperti halnya kita menjual produk air minum, sudah barang tentu wadahnya botol/gelas plastik.

Sebagai Pelindung

Perlindungan kemasan terhadap produk juga berpengaruh pada penjualan produk tersebut. Oleh karenannya diperlukan perhatian extra pada bagian satu ini. Ketika kemasan mampu melindungi produk tersebut maka kualitas barang tersebut akan lebih terjamin sehingga kelancaran penjual dapat di tingkatkan.

Unsur praktis

Memiliki unsur praktis disini dalam artian kemasan itu mudah dibawa, tidak memerlukan tempat penyimpanan yang memakan terlalu banyak ruang, dan dengan mudah dibuka/ditutup kembali setelah digunakan.

Baca: Kemasan Snack Murah Meriah

Daya tarik

Biasanya pembungkus yang menarik akan menimbulkan kesan bagi calon konsumen.

Ukuran proporsional

Ukuran kemasan dengan produk yang dikemas juga harus sesuai hingga tidak menimbulkan rasa aneh ketika melihatnya. Ketepatan ukuran juga sebisa mungkin disesuaikan dengan daya beli konsumen.

Identitas

Suatu perusahaan memperhatikan pengaruh kemasan terhadap kemasan terhadap biaya pengangkut. Bila kemasan tersebut berkesan berat maka biaya pengangkutnya akan mahal, tapi apabila kemasan kecil maka biaya pengangkutnya akan berkurang.

Sisi prestige

Pembungkus yang menarik secara otomatis akan dapat menimbulkan prestige meskipun demikian kita harus memperhatikan masalah ini. Hal-hal utama yang dipakai untuk kado, misalnya biskuit tertentu, ada tempat indah, menarik, sehingga pembeli biskuit tersebut akan naik harga dirinya. Sebab bila kita rasakan isinya, tak jauh beda dengan lainnya.

Sebagai contoh gorengan yang dibungkus dengan kertas koran bekas, kan berbeda rasanya jika kita membeli gorengan yang dikemas dengan kemasan kertas paper craft. Karena orang lebih punya harga diri jika kemasan gorengan itu tidak asal-asalan.

Info dan promo

Kemasan yang digunakan sebaiknya tidak hanya sekedar pembungkus tanpa identitas, melainkan harus mengandung informasi dan prospek pelayanan toko atau pun barang yang di jual. Prospek layanan misalnya sales, service, dan aksesoris. Kalau informasi tersebut dicantumkan sudah tentu kemasan tersebut mengandung nilai promosi buat para pelanggan.

Dengan mengetahui syarat pengemasan yang baik tersebut harapannya Anda sebagai pelaku usaha akan memiliki dampak positif guna mengembangkan pemasaran produknya. Karena kemasan yang baik akan melindungi brand Anda.
Thanks for reading Syarat Pengemasan yang Baik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar