Home » , , , , , » Jenis Jenis Kemasan yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Jenis Kemasan yang Wajib Anda Ketahui

Pabrik Kemasan UKM - Jenis Jenis Kemasan yang Wajib Anda Ketahui


Atas dasar struktur isi, kemasan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Kemasan utama, yang merupakan bahan kemas, langsung disesuaikan dengan bahan makanan (kaleng susu, botol minuman, dll.).

Kemasan sekunder, yang merupakan paket yang fungsi utamanya adalah melindungi kelompok pengemasan lainnya, seperti kotak kardus untuk kaleng susu, kotak kayu untuk wadah buah yang dibungkus, dll.

Kemasan tersier dan kuaterner, yang merupakan paket yang diperlukan untuk penyimpanan, pengiriman atau identifikasi. Kemasan tersier umumnya digunakan sebagai pelindung selama transportasi.

Jenis Jenis Kemasan yang Wajib Anda Ketahui
Ilustrasi Jenis Kemasan
Baca: Pengaruh Kemasan Terhadap Kelancaran Bisnis

Tergantung pada frekuensi penggunaan, kemasan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Kemasan sekali pakai, yang merupakan paket yang dibuang segera setelah digunakan. Misalnya bungkus plastik, bungkus permen, pembungkus, kardus, makanan kaleng.
  • Kemasan yang dapat digunakan berulang kali (Multi Trip), jenis kemasan ini biasanya tidak dihilangkan oleh konsumen, tetapi dikembalikan ke agen penjualan untuk digunakan kembali oleh pabrik. Misalnya botol minuman dan botol kecap.
  • Kemasan tidak dibuang (semi-disposable). Kemasan ini biasanya digunakan untuk keperluan lain di rumah konsumen setelah digunakan. Misalnya, kaleng kue, kaleng susu dan berbagai jenis botol.

Tergantung pada tingkat persiapan untuk digunakan, kemasan dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Kemasan siap pakai, yaitu, bahan kemasan yang siap diisi dengan bentuk yang sudah sempurna sejak meninggalkan pabrik. Beberapa contohnya adalah wadah botol, wadah timah, dll.
  • Kemasan siap untuk dirakit, yaitu paket yang masih memerlukan tahap perakitan sebelum diisi, misalnya kaleng dalam bentuk slab dan silinder fleksibel, wadah yang terbuat dari kertas, aluminium foil atau plastik.
Demikian ulasan singkat tentang Jenis Jenis Kemasan yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan sebelum memilih dan memutuskan membeli kemasan untuk produknya.
Thanks for reading Jenis Jenis Kemasan yang Wajib Anda Ketahui

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

Info Kemasan