Home » » Mengenal Proses Roasting Biji Kopi Hingga Siap Dinikmati

Mengenal Proses Roasting Biji Kopi Hingga Siap Dinikmati

Pabrik Kemasan UKM - Proses Roasting Biji Kopi

Coffee Roasting, pemanggangan kopi memiliki peran penting dalam cerita secangkir kopi sampai keatas meja. Sebab, proses ini lebih memberi kontribusi senikmat apa kopi yang akan kita minum.

proses roasting biji kopi

Roasting merupakan proses lanjutan setelah penyimpanan, pengolahan kopi yang masih berwarna hijau (green bean) hingga berubah warna dan aromanya. Boleh dikatakan, ini adalah proses "menyulap" biji kopi biasa saja menjadi biji kopi luar biasa dengan segala keunikannya. Semisal flavor, after taste dan rasa unik lainnya pada kopi dipengaruhi oleh tahapan ini.

Apa itu roasting kopi? 


Roasting kopi adalah proses pemanggangan biji yang masih mentah (green bean) hingga tingkat kematangan tertentu. Biji yang dipanggang akan siap untuk dikonsumsi setelah melewati first crack, biasanya ditandai dengan aroma manis karena proses karamelisasi di dalam biji. Dalam proses roasting kopi, suhu dan waktu akan mempengaruhi hasil akhir dan rasa kopinya.

Biji dark roast memiliki warna paling gelap dan biasanya berminyak, sementara biji light roast berwarna coklat muda kekuningan dan paling terang.

Fungsi dari proses pemanggangan adalah untuk memunculkan rasa asli dari biji kopinya agar rasanya lebih nikmat.

Bicara biji kopi, kopi roastery erat kaitannya dengan kemasan kopi. Tidak semua kemasan cocok digunakan pada kopi, baik biji maupun kopi bubuk. Diperlukan pengetahuan khusus agar tidak salah memilik kemasan kopi, apalagi untuk dijual harus tepat dalam memilik kemasan.

Baca: Fungsi Tin Tie Pengikat Kemasan Kopi

Untuk mengemas kopi, para roastery kopi bisa memilih tiga opsi penting dalam membungkus kopi-kopi yang akan mereka jual. Pilihan ini didasari bukan hanya karena pertimbangan keawetan kopi itu sendiri, tapi juga faktor-faktor lain seperti dampak lingkungannya, biaya, dan tampilan dari kemasannya itu sendiri.

1. Kemasan Kopi Tanpa Segel
2. Kemasan Kopi Bersegel + Lapisan Aluminium Foil
3. Kemasan Kopi Bersegel + Kedap Udara

Walaupun sebenarnya tidak ada yang salah dalam kemasan kopi asal pembelinya tahu mengapa kopi itu dikemas demikian. Hanya pengetahuan bagi Anda penikmat dan penggiat usaha kopi agar selalu up to date. Bagi yang ingin tahu lebih jauh tentang contoh-contoh kemasan kopi beserta variannya bisa langsung klik di sini.

Jangan lupa minum kopi.
Thanks for reading Mengenal Proses Roasting Biji Kopi Hingga Siap Dinikmati

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar