Home » , , » 8 Tips Belanja Online Biar Aman dan Lancar Jaya

8 Tips Belanja Online Biar Aman dan Lancar Jaya

PABRIK KEMASAN UKM - Kebiasaan masyarakat tak lepas dari perkembangan teknologi yang memperngaruhi, tak terkecuali kebiasaan berbelanja online di Era Digital seperti saat ini. Kehadiran online shop dan marketplace akan memudahkan untuk membeli sebuah barang secara online tanpa harus mengunjungi toko tersebut di mall dan lainnya.

8 Tips Belanja Online Biar Aman dan Lancar Jaya

Jaman sekarang belanja online sudah menjadi trend dikalangan masyarakat. Akan tetapi, ada sejumlah pertimbangan yang perlu dilakukan, terlebih bagi pemula yang baru pertama kali berbelanja online. Untuk menghindari penipuan saat belanja online, perhatikan beberapa tips belanja online biar aman berikut :

1. Kenali Reputasi Seller

Pertumbuhan bisnis online dan marketplace di Indonesia begitu pesat. Bahkan tak jarang beberapa penjual menjual produk dibawah harga pasaran, mengakibatkan banyak orang tertarik membelinya. Reputasi toko online biasanya mempengaruhi tingkat kepercayaan calon pembeli sebelum melakukan transaksi secara online dengan harapan terhindar dari hal-hal diluar dugaan yang tak diharapkan. 

Selain itu, reputasi memiliki tujuan lain sebagai solusi dari terjadinya jika ada keluhan dari pelanggan, baik dari segi pengiriman, garansi atau layanan lain yang sifatnya memberikan rasa nyaman dan aman pada pelanggan, misalnya call center yang mudah dihubungi dan alamat online shop yang jelas.

2. Pilih Online Shop yang Komunikatif

Tujuannya agar dapat menanyakan terkait produk yang akan dibeli pastinya. Selain itu, interaksi dengan seller akan memudahkan kita untuk menyelesaikan jika terjadi permasalahan. Pastikan memilih toko online dengan tingkat interaksi intens sebelum melakukan transaksi agar belanja online berjalan dengan aman dan lancar.

3. Bandingkan Produk Dalam Satu Waktu

Biasanya belanja di toko online dikarenakan mendapatkan harga lebih murah, dibandingkan toko offline. Namun, jika ingin mendapatkan harga terbaik selalu lakukan perbandingan harga dari toko satu dengan toko lainnya. Kita dapat melakukan perbandingan dari segala aspek terlebih dahulu dan memiliki waktu yang lebih banyak untuk memutuskan pilihan yang terbaik

4. Berbelanja Melalui Aplikasi Resmi

Tidak hanya melalui desktop, sekarang sudah bisa berbelanja online melalui beragam aplikasi di smartphone. Artinya akan banyak sekali aplikasi penyedia marketplace yang tidak semuanya memiliki izin resmi. Pastikan aplikasi yang dibuat bukan aplikasi buatan pihak ketiga, karena berguna untuk melindungi data pribadi pembeli dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

tips belanja online

Baca:

Jasa Pengemasan Produk Makanan

Aneka Kemasan Keripik yang Cocok

Kelebihan lain melalui aplikasi mobile adalah terkadang harganya sedikit lebih murah daripada membelinya lewat website, tak jarang penyedia marketplace melalui aplikasi ponsel pintar melakukan diskon besar-besaran.

5. Membeli Produk Secara Tunai Atau Kredit

Metode pembayaran belanja online telah mengalami perkembangan cukup pesat, begitu pun saat melakukan transaksi. Tersedianya pembayaran tunai dan kredit membuat pembeli bisa memilih sesuai kebutuhan dan ketersediaan badget belanja mereka. Beberapa diantaranya menawarkan metode pembayaran cash on delivery (COD) yang memungkinkan pembeli untuk membayar saat bersamaan dengan barang diterima oleh pembeli.

6. Memilih Metode Pengiriman

Tahap akhir melakukan belanja online adalah menentukan metode pengiriman produk ke alamat Anda. Kemudahan akses komunikasi dengan penyedia ekspedisi pengiriman barang bisa menjadi pertimbangan. Hal tersebut bertujuan agar mudah pada saat terjadi kendala pada saat proses pengiriman.

7. Selalu Periksa Ketersedian Barang

Dibeberapa toko online kita diharuskan menanyakan ketersediaan stock produk terlebih dahulu sebelum membelinya. Jika ingin belanja online, maka perhatikan tanggal pengiriman yang dijanjikan agar mengetahui estimasi waktu sampainya barang. Sebagai pembeli perlu untuk mengetahui kelengkapan standar apa saja yang diberikan oleh produsen. Pastikan ketersediaan barang dan kelengkapan barang diperiksa sebelum benar-benar dikirim ke alamat Anda.

8. Periksa Barang Sesuai Deskripsi Penjual

Baca deskripsi produk sebelum membelinya sudah pasti harus dilakukan, agar tidak sia-sia belanja online. Pastikan deskripsi produk sudah sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai ada kekeliruan antara deskripsi produk dengan kebutuhan kita sebagai pembeli.

Demkian ulasan singkat tentang 8 Tips Belanja Online Biar Aman dan Lancar melalui marketplace. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda pelanggan setia Pabrik Kemasan UKM. Sudahkan belanja online hari ini? Jika belum, silakan berbelanja online melalui toko kemasan online kami.


Referensi: https://www.powerpackindustries.com/article/tips-memilih-barang-dan-produk-secara-online?article=tips-memilih-barang-dan-produk-secara-online

Gambar: Pixabay.com Free Licence No Attribution Required

Thanks for reading 8 Tips Belanja Online Biar Aman dan Lancar Jaya

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar