Jenis Jenis Plastik Kemasan

Pabrik Kemasan UKM - Pada kesempatan kali ini kita ingin sedikit berbagi informasi seputar jenis-jenis plastik yang beredar dipasaran. Plastik tentu tidak lepas dari kebutuhan hidup manusia terutama sebagai media kemasan ya. Nah, untuk itu mari sama-sama simak jenis-jenis plastik dibawah ini.

jenis jenis plastik
Jenis Jenis Plastik, image by virtual

PP (Polypropylene)

Tertera logo daur ulang dengan angka 5 di tengahnya, serta tulisan PP di bawah segitiga. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Jenis ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, tutup botol, cup plastik, mainan anak, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.

Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Bahan yang terbuat dari PP bila ditekan akan kembali ke bentuk semula. Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman.

PETE/PET (Polyethylene Terephthalate)

Tanda ini biasanya tertera logo daur ulang dengan angka 1 di tengahnya serta tulisan PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate) di bawah segitiga. Biasa dipakai untuk botol plastik berwarna jernih, tembus pandang/transparan seperti botol air mineral, botol minuman, botol jus, botol minyak goreng, botol kecap, botol sambal, dan hampir semua botol minuman lainnya. Untuk pertekstilan, PET digunakan untuk bahan serat sintetis atau lebih dikenal dengan polyester PETE/PET direkomendasikan HANYA UNTUK SEKALI PAKAI.

Baca:
Ulasan Pabrik Kemasan UKM Bandung
Kriteria Bahan Kemasan yang Aman untuk Makanan

PS (Polystyrene)

Tertera logo daur ulang dengan angka 6 di tengahnya, serta tulisan PS di bawah segitiga. Biasanya dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai seperti sendok, garpu gelas, dan lain-lain.

PVC (Polyvinyl Chloride)

Tertulis (terkadang berwarna merah) dengan angka 3 di tengahnya, serta tulisan V di bawah segitiga. V itu berarti PVC (polyvinyl chloride). Jenis plastik PVC ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), untuk mainan, selang, pipa bangunan, taplak meja plastik, botol kecap, botol sambal, botol sampo dll.

HDPE

Pada bagian bawah kemasan botol plastik, tertera logo daur ulang dengan angka 2 ditengahnya, serta tulisan HDPE (high density polyethylene) di bawah segitiga. Jenis ini memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. HDPE biasa dipakai untuk botol kosmestik, botol obat, botol minuman, botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan jerigen pelumas dan lain-lain.


MENERIMA JASA PENGEMASAN (CO-PACKER) BANDUNG

Jika Anda seorang pelaku bisnis UKM di Bandung dan sedang membutuhkan ide seputar kemasan, desain kemasan, bahan kemasan apa saja yang cocok untuk produk Anda bisa langsung konsultasikan saja kepada kami di Marketing Gallery Kemasan Jaya Gemilang yang beralamat di Jl. Batununggal Indah Raya No. 377B Bandung. Hubungi: 02287304128 (Call) | 082262321208 (WA)

Walaupun demikian sama seperti PET, HDPE juga direkomendasikan HANYA UNTUK SEKALI PAKAI. Nah itulah beberapa jenis plastik kemasan yang harus Anda ketahui.. Jangan lupa bagikan postingan ini jika dirasa bermanfaat!!
Thanks for reading Jenis Jenis Plastik Kemasan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar