Home » , , , , , , , , » Kriteria Bahan Kemasan Makanan yang Aman

Kriteria Bahan Kemasan Makanan yang Aman

Kemasan Ritel - Terdapat banyak bahan kemasan makanan dan minuman yang sering kita lihat dipasaran. Bahkan mungkin dirumah kita masing-masing banyak sekali produk dengan kemasan berbeda-beda. Mulai dari kemasan plastik, kertas, alumunium foil, kertas, kaleng, botol, dan lain-lain.

kriteria bahan kemasan


Lalu, pertanyaannya adalah bahan kemasan seperti apa saja yang aman untuk makanan?

Kemasan yang baik dan aman untuk mengemas makanan:


1. Mengendalikan uap air
2. Mengendalikan suhu
3. Mencegah kontak cahaya
4. Mencegah kontaminasi terhadap produk

Kemasan seperti apa yang sering digunakan dipasaran?

Bentuk kemasan plastik pada umumnya yang biasa digunakan untuk mengemas produk makanan adalah:

Plastik Kemasan Standing Pouch

Bentuk Kemasan Berdiri (Standing Pouch) atau biasa kita kenal sebagai model kemasan berdiri, kemasan ini mudah dipajang dilemari/rak display market, kemasan seperti ini umum dijumpai untuk mengemas minyak ataupun produk isi ulang. Model kemasan ini cocok digunakan pada produk seperti : Produk cair, Minyak, Sabun, dan Aneka Makanan Ringan

Plastik Kemasan Center Seal

Bentuk Kemasan Bantal/Sachet (Centre Seal), kemasan ini adalah salah satu jenis kemasan sachet yang memiliki seal atau perekat dibagian tengah (seperti produk snack/chiki di supermarket). Kemasan ini sangat cocok untuk produk yang bentuknya tidak berarturan ataupun produk bersifat serbuk seperti: keripik, Kopi, Teh, Abon, kacang, dll

Baca:
Desain Kemasan Produk Makanan
Apa itu Pabrik Kemasan Retail

Kemasan Plastik Vakum Sachet

Bentuk Kemasan Bantal/Sachet (Three Side Seal), atau seal di ketiga sisinya. Cocok untuk produk seperti : kopi, jahe instan, kacang dan lain-lain.

Plastik Kemasan Gusset

Bentuk Kemasan dengan Lekukan pada sisi (Gusset), Kemasan ini memiliki lipatan disisi kanan dan kiri, sehingga kemasan ini menghemat ruang penimpanan (storage) karena adanya lipatan tersebuk, Paling banyak kemasan ini digunakan untuk mengemas kopi, biscuit, atau produk lainnya.
Thanks for reading Kriteria Bahan Kemasan Makanan yang Aman

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar