Peran Kemasan Sukseskan Pemasaran

Kemasan Pengaruhi Suksesnya Pemasaran

Pabrik Kemasan UKM | Kemasan produk tidak hanya berfungsi sebagai pelindung isinya, tetapi juga mewakili merek atau bisnis itu sendiri. Produk makanan dan minuman yang dijual di pasaran harus steril dan higienis. Itulah sebabnya, kemasan produk harus memberikan perlindungan pada produk sekaligus bertindak sebagai alat promosi.

Peran Kemasan Sukseskan Pemasanan, gambar hanya ilustrasi
Berikut adalah beberapa pengaruh kemasan terhadap keberhasilan pemasaran dan beberapa manfaatnya:

1. Identitas

Produk bisnis yang beredar di pasaran haruslah unik dan tidak ada duanya. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah mengenali merek atau produk bisnis Anda di tengah serbuan produk – produk pesaing yang berbaris rapi di rak toko. Anda bisa menyematkan identitas produk yang lebih mudah dikenali.

2. Pelindung

Fungsi paling mendasar dan sangat penting dari pengemasan adalah untuk memastikan perlindungan produk dari penurunan kualitas. Misalnya seperti kebocoran, kerusakan segel, pembusukan, dan sebagainya.

 Kemasan juga harus mampu menjamin produk sampai dengan selamat sampai tujuan pada saat pengiriman sehingga tidak terjadi kerugian.

3. Fungsional

Beberapa merek terkenal telah merilis kemasan produknya dengan berbagai desain yang berbeda secara berkala. Hal ini membantu memperbaiki kualitas produk di mata konsumen dan membantu pelanggan agar bisa lebih mudah memakai produk.

Selain itu, ada juga beberapa produsen minuman susu segar yang beralih dari kemasan kotak menjadi standing pouch agar lebih mudah diminum dan praktis saat dibawa bepergian.

4. Promosi

Manfaat lain dari kemasan produk yang sangat diandalkan adalah dari sisi promosi atau pemasaran bisnis. Ibaratnya, lewat kemasan produk yang dirancang khusus, Anda bisa memperkenalkan atau mengiklankan apa isi produk yang ditawarkan.

Baca: Branding itu Penting

Kemasan produk bertindak sebagai alat promosi yang efektif. Oleh karena itu, dibutuhkan skema warna yang menarik atau foto produk pendukung agar lebih menarik perhatian pelanggan.

5. Hindari Pemalsuan

Permintaan pelanggan yang sangat tinggi terhadap suatu produk, kerap dijadikan kesempatan bagi oknum kriminal untuk melakukan tindakan pemalsuan produk – produk populer di masyarakat.

Desain kemasan produk yang baik dilengkapi segel seharusnya dapat memenuhi standar kesehatan dari badan pengawasan pangan dan obat yang dilengkapi lisensi dan segel. Inilah fungsi penting kemasan produk yang dapat mengurangi kemungkinan pemalsuan produk.

6. Inovasi

Dalam beberapa cara ide kemasan produk yang inovatif terutama di bidang obat – obatan, minuman ringan, makanan ringan atau susu, telah meningkatkan cakupan pemasaran produk dalam manfaat yang lebih luas.

7. Pembeda

Ada jutaan produk yang beredar di pasaran. Lalu, bagaimana konsumen bisa membedakan produk Anda dengan produk pesaing? Di sinilah peranan utama dari kemasan produk sebagai pembeda dari produk kompetitor.

Demikian artikel singkat yang bisa kang admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga ulasan tentang Peran Kemasan pada Kesuksesan Pemasaran ini menjadi acuan berkembangnya usaha Anda.
« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar